AWAL MULA MENCINTAI AGATHA CHRISTIE

DATA BUKU
Judul PENA BERACUN
Penulis AGATHA CHRISTIE
Penerbit GRAMEDIA 


Cover depan Pena Beracun/Agatha Christie

Ini kali pertama saya membaca serial detektif Agatha Christie. Buku ini berjudul PENA BERACUN (versi asli: The Moving Finger).

Awlanya agak sulit bagi saya untuk menangkap cerita yang ada. Karena jujur, saya kurang suka novel terjemahan. Maklum saya merasa "dibodohi" jika membaca novel terjemahan. Dan saya merasa novel terjemahan kadangkala tidak mampu menyampaikan apa yang harusnya tersampaikan. Contoh nyata, lihat saja judul dari novel asli ini dan terjemahannya. 

Tetapi novel ini berbeda. Saya terbius dan saya terbawa. Saya menikmatinya. Meski saya baru benar-benar terbiasa dengan terjemahannya memasuki bab keempat dari jumlah keseluruhan empat belas bab. 

Sebagai novel terjemahan dengan tema teka-teki a la detektif, saya baru mulai dibuatnya penasaran ketika memasuki bab keenam jelang bab ketujuh. Karena jujur, terakhir kali saya membaca tema detektif adalah pada saat SMP. Yak! Serial Lima Sekawan. Selepas itu saya lebih menyukai buku kumpulan cerita pendek. Tetapi sebagai awalan yang baru lagi, membaca serial detektif, yaa.. Agatha Christie mampu membius saya. Apalagi sang penerjemah yang dengan baik menunaikan tugasnya. 

But, bytheway, kembali ke cerita. Garis besar cerita yang disuguhkan adalah tentang misteri yang terjadi di sebuha desa bernama Lymstock di Inggris. Sudut pandang yang digunakkan adalah sudut pandang orang pertama. Yakni sudut pandang Jeery Burton, seorang pilot yang baru saja mengalami kecelakaan pesawat dan harus memulihkan dirinya di desa yang tenang. Ia menyepi ke desa tersebut bersama adiknya, Joanna Burton. 

Awalnya, kehidupan di desa berjalan lancar seperti yang ia bayangkan. Namun, mulai berbeda ketika datang sbeuha surat kaleng misterius dengan kata-kata seronok dan melecehkan yang ditujukan kepada Joanna. Hari semakin bertambah, semakin banyak orang mendapat kiriman surat misterius. Masalah semakin memanas, ketika Mrs. Symmington meninggal. Orang-orang berspekulasi penyebabnya adalah surat kaleng tersebut. 

Jerry dan Nash, inspektur kepolisian yang melakukan penyelidikan merasa ada yang aneh. Apa iya? Benarkah? Akhirnya, mereka melakukan penyelidikan dan menemukan kebenaran bahwa dalang dibalik ini semua adalah Mr. Symmington, suami mendiang Mrs. Symmington. 

Tidak ada yang menduga sama sekali. Termasuk saya sebagai penikmat. Karena ada beberapa penemuan sebelumnya yang menunjukkan pelaku lain yang melakukannya. Akhir cerita terkuaklah motif dibalik perbuatan pelaku. Dan adanya dalih memecah fokus warga melalui surat kaleng tersebut.

Selain bernada misteri, Agatha juga memberi sentuhan bumbu asmara yang tidak pernah syaa pikirkan. Dan muncul pada bab jelang akhir cerita. Saya menyukai novel ini. Tetapi, ada satu hal yang menjadi kritik saya: endingnya tidak klimaks! 
(Rating3,5/5)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAKSI BISU CERITA SAKTI SANG RAJA

Turis Lokal Minggir!

AIR TUJUH RASA DI DESA AEK SIPITU DAI