DARI KIK JADI PEKIK

Pada tulisan saya jauh sebelum ini, saya pernah menulsis tentang merasa asing di tanah sendiri, di Kupang. Merasa seperti pendatang. Pada tulisa tersebut saya bercerita tentang teman-teman saya termasuk saya yang berhasil menginisiasi suatu kegiatan. Kegiatan tersebut sudah berlangsung pada 11 Agustus 2018. Kelas Inspirasi Kupang. Itulah kegiatan yang kami inisiasi. Kegiatan ini adalah yang perdana di Kota Kupang. And yaa.. we did it.

Berkenalan dengan Kelas Inspirasi Kupang  
Kelas Inspirasi Kupang merupakan kegiatan mengajar sehari bagi para profesional ke berbagai Sekolah Dasar. Kegiatan mengajar ini lebih fokus bercerita tentang profesi sang profesional dan memberi inspirasi terkait cita-cita kepada anak. Tetapi lebih dari itu, Kelas Inspirasi Kupang juga memiliki semangat untuk mengajak anak-anak mau mengabdi pada Nusa Tenggara Timur, tanah yang memberi kita semua kehidupan. 
Sebagian dari kami saat survei di SDN Beumopu.
Kelas Inspirasi sudah dilakukan di berbagai kota di Indonesia. Diinisiasi awalnya oleh alumni pengajar muda program Indonesia Mengajar. Untuk selengkapnya bisa dibaca di kelasinpirasi.org. Pada kegiatan perdana kami, kami turun ke 5 Sekolah Dasar di Kabupaten Kupang. Sekolah tersebut antara lain, SD GMIT Manumuti, SDN Tarus 1, SDN Tarus 2, SDN Beomopu, dan SD GMIT Oesapa. Inspirator dan Dokumentator yang terlibat berjumlah total 45 relawan serta 15 panitia. Untuk tahu lebih lengkap tentang kegiatan Kelas Inspirasi Kupang, follow deh di instagram @kelasinspirasikupang.
Kegiatan berlangsung lancar dan begitu membekas bagi kami. Sangat membekas hingga ingin rasanya terus melakukan sesuatu.

Rasa ini kemudian membuat kami para panitia membentuk sebuah komunitas baru. Kenapa harus baru? Jawabannya karena kami ingin bergerak lebih leluasa, tidak terikat dalam satu payung lembaga. Selain itu karena kami juga sadar, Kelas Inspirasi merupakan suatu kegiatan yang siapa saja bisa lakukan. Atau juga bahasa langsungnya adalah diklaim oleh siapa saja. 

Lahirlah PEKIK
Seminggu setelah kegiatan perdana Kelas Inspirasi Kupang kami berkumpul lagi mulai berpikir apa kelanjutan dari kegiatan ini. Pada 21 Agustus 2018 kami pun sepakat untuk membentuk diri dalam komunitas. Fokusnya pada bidang apa, kegiatannya seperti apa, belum kami pikirkan saat itu. Semenjak hari di mana kami satu suara, kami pun mulai lebih sering bertemu. Banyak sekali perdebatan dan diskusi yang terjadi. Termasuk terkait nama komunitas. Hingga akhirnya kami sepakat untuk menamai komunitas kami PEKIK! 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan (kbbi.web.id) PEKIK memiliki artian pekik/pe·kik/ n 1 teriakan; jeritan: terdengar -- tangis orang dalam kapal yang sedang terbakar itu; 2 sorak atau teriakan (sebagai semboyan dan sebagainya): disambut dengan – “merdeka”, gemuruh suaranya; -- anak-anak bermain di halaman tidak henti-hentinya.
Bersama peserta, para pengurus OSIS dan perwakilan kelas. TERIMAKASIH KALIAN!      



11/15 PEKIK Pecah Telor!!
Dengan kata lain kami ingin menjadi komunitas yang bersuara. Menyuarakan apa? Menyuarakan tentang pentingnya pendidikan karakter dan kebudayaan serta semangat menginspirasi orang lain. Kami punya mimpi besar dan yakin bahwa anak Indonesia memiliki pendidikan karakter yang baik. 
PEKIK yang memiliki arti harfiah yang sejalan dengan semangat komunitas juga merupakan akronim dari fokus komunitas. Seperti yang sudah disebut. PEKIK akronim dari Pendidikan Karakter, Inspirasi, dan Kebudayaan. 

Saya percaya komunitas baru pasti akan menghadirkan tantangan yang baru. Pasti banyak dinamika  yang terjadi tidak hanya secara internal tetapi juga eksternal. Komunitas ini bukan ajang untuk unjuk gaya atau kalau orang Kupang bilang 'untu angka ekor untu anggar jago', atau untuk bersaing, atau untuk menjadi ekskulsif. Tetapi lebih sebagai tempat bagi kami untuk belajar. YA. BE LA JAR

Saya merasa beruntung punya teman-teman yang sama-sama mau belajar. Ohya. Kami sudah pecah telor dengan melaksanakan kegiatan perdana kami, PEKIK Goes To School pada 16 November 2018 di SMAN 1 Amarasi Barat. Untuk cerita selengkapnya bisa dibaca di web kami klik di sini. Semoga kami bisa terus konsisten dalam bergerak. Doakan ya!!!!
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAKSI BISU CERITA SAKTI SANG RAJA

Turis Lokal Minggir!

AIR TUJUH RASA DI DESA AEK SIPITU DAI