URUS PASPOR DI KUPANG TAL OKE!

Sesekali saya pengen cerita dengan menggunakan bahasa Kupang. Bahasa Kupang percakapan atau bahasa pasar maksudnya. So here we go.. Penting tidak penting, mengerti tidak mengerti, baca sahaja!


Su sejak lama.. beta pengen mati bikin paspor. Alasannya ya karna beta pengen pi luar negeri to.. HHUHUAH. Sanking pengennya nekat beli tiket sama beta pu kawan beli tiket PP ke Singapore. Yang ujung-ujungnya beta sonde jadi berangkat karna paspor blom ada dan uang waktu itu batul-batul manipis. Sumpahhhh menangis di bok bok kawan. :( Tapi sudah su.. Singapore ju blom pindah.. Paspor ju masih bisa dibuat.
Akhirnya setelah meluangkan waktu dari ketersediaan waktu yang lagi super selo ini HAHAHA. Senin, 24 September 2018 b pigi lah ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Kupang. Letak di Penfui situ tu di Jalan Bumi... Deka Hotel Yatowawa situ tuu.. Karna ini pertama kali dalam bem hidup di Kota Kupang pi Imigrasi, b pakailah maps. Berkat kesotoyan itu akhirnya be beputar-putar bodok sebelum sampe di lokasi. Padahal ni angg.. dari BTN lewat dar Jembatan Petuk situ aweee pu deka le... Ma begitu su orang Kupang bilang yang bodo ma dipiara tu. 

Akhirnya b sampe di Imigrasi Kelas 1 jam 9 kurang 45 menit. B baca-baca di blog orang dapa suru datang pagi karna antri dan sebagainya. Sempat was-was sih taku su dapa antrian balakang. Lagian seselo-selonya orang sapa ju yang suka antri balakang. Apale kalo antrinya antri pi lu pu hati abang.... aweeeee adi pu hati saki mati! EHEK! 

Ohya tulisan orang yang bikin paspor di Kupang ni ju jarang. B cuma katumu satu sa. Makanya b bikin ini tulisan.......supaya bikin rame-rame sa to.

Ini bukti untuk pi bayar.. sklian dibawa pas nanti mo ame paspor
Ohia... kalo lu mo urus paspor hang... lu harus siap : KK, KTP, AKTE KELAHIRAN/SURAT PERMANDIAN, bawa yang asli den fot kopi mmg. Oh satu lai.. deng materai 6000 ju.. bukan materai 3000 ooo.. untuk surat pernyataan na... bukan untuk bikin nota penerimaan uang di atas 250rb dibawah 1 juta..

Pas b sampe sana ada b langsung pi meja informasi.. son ada yang mengarahkan.. Posisi meja informasi ju snd langsung depan begitu... ma its not big problem lah.. b liat son tal rame... son kek yang b bayangkan. B dapa kasih dua kertas. Satu kertas form bagitu... satu le surat pernyataan. Itu su jam 9 kurang. Tetiba b dapa telpon dar baptua. B bawa kunci rumah yang ternyata baptua den mamtua son bawa pas tadi pagi mereka dua ke pasar. HMMMM. SEBVVAH KEKESALAN. 
Akhirnya b fuit su dari imigrasi pi rumah.

Akhirnya b bale le pi imigrasi b su kapikiran batal sa lanjut besok karna su mo jam 10. Pikir ke macam ke su kesiangan begitu.. jan sampe ada antri banya.. Ma tapi ternyata sonde. Puji Tuhan.

Akhirnya setelah 24 tahun hidop, punya paspor ju beta..
Habis isi form b pi bagian validasi berkas. Ais itu baru dapa nomor antrian. B dapa antrian A018. Masih angka kici to... padahal su jam 10-an. Kal b pu teman di Jawa dong carita, lu datang jam 10 na lu dapa ampas sa. HAHAH. Ma maaf2 ooo itu besong di Jawa saa katong sondee :p

Pas dudu tunggu, sabantar mati kira2 tunggu dua nomor sa.. b dapa pange. B pi meja den itu bapa satu... Katong diisi datanya berdasarkan berkas yang ada. Cepat sa.. Abis itu tunggu sadiki le untuk foto dan ditanya begitu... B tebak2 ini bagian wawancaranya. Cuma tanya sa, lu mo pi mana kegaiatan apa. Oh ada desas desus ju to kalo mo pi liburan bagitu dicek saldo rekeningnya.. Tapi dar yang b liat dan b rasa snd tuh.. Jad aman-aman sa.. 

Ais foto b dikasih kek form pengantar untuk pi bayar.. Bayar di luar situ ju ada kantor kas keliling BRI yang su kerjasama den dong. Bayarnya pas2 ju sesuai yang b baca di website resminya, Rp 355.000 untuk paspor biasa 48 halaman, termasuk biaya scan biometrik tu karna kan katong ada scan sidik jari to. 

Sudah... ais bayar (maksimal) tiga hari le bgitu bale le untuk ame paspor. Daaaaaan tadaaaaa akhirnya b pu paspor jadi ju. Jadinya 26 September 2018, b ame  28 September 2018. Untuk jadi catatan ju.. Pelayanan di Imigrasi ni buat b salah satu pelayanan publik yang bae di Kota Kupang. Dong cukup ramah.. pelayanan cukup cepat, sonde bertele-tele. Meski memang sih masih harus ada pembenahan di sana-sini. Awal masuk tu katong kurang dapat pengarahan bgitu ke yang b bilang di awal. Apale ke orang baru pertama ke b yang baru mo buat ni. Tempat pelayanan publik lain di Kota Kupang yang sering bikin katong nae darah bisa si balajar dari Imigrasi ni. B salut. Makasi bapa2-mama2 dong di Imigrasi. (B su kek Duta Imigrasi kan ee haha)

Amerikaaaaa, Australiaaaaa, Eropaaaaa, dan son tarlupa tetangga deka, Timor Lesteeee, tunggu betaaaaa ee.. B nabung abis itu b brangkat. Hahahae. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAKSI BISU CERITA SAKTI SANG RAJA

Turis Lokal Minggir!

AIR TUJUH RASA DI DESA AEK SIPITU DAI