Baru Tau Kalau...

Berkat 2020, aku baru tau kalau aku itu suka berbicara di depan umum! Sebenarnya sudah tau. Tetapi jadi semakin tau dan sadar saja. Sebenarnya sejak dahulu, sejak SMA saya bercita-cita menjadi seorang reporter televisi. Jelas, dong, ya, ketauan kalau memang saya suka berada di depan. Ngoceeh

Tetapi berkat 2020 dan pertemuan dengan kelas mendongeng, ku makin sadar bahwa ku masih mencintai berbicara di depan umum. Weleh weleh, narsisnya masih terpelihara, euy

Pendek kisah, pada Januari 2020 aku terpiilih untuk mengikuti sebuah kelas mendongeng di Kupang. Kelas ini diinisiasi oleh Imagine Nation Indonesia. Nah Imagine Nation itu sendiri, handai taulanku...digagas oleh pendongeng Rona Mentari. Coba deh cari di mesin pencarianmu pasti ketemu! 

Waktu lihat informasi kelas dongeng itu, mataku sempat berbinar-binar karena senang. Seingatku waktu itu juga aku lagi suntuk-suntuknya sama pekerjaan. Nah, pekerjaanku waktu itu tu di Pulau Se.... Aaah! Kok jadi cerita dan malah jatuhnya pasti curcol nih. Fokus yaaa. Balik ke dongeng. 

Akhirnya, ikut lah aku ke kelas dongeng itu. Berlangsung selama 3 hari. Ketemu pegiat-pegiat kece cuy di kelas itu. Seneng bin bahagia. Selesai kelas, kami ditantang untuk mendongeng mandiri. Nantinya dicatat Allah. Eh bukan..bukan...Nantinya tiap orang mencatat di laporan masing-masing, yaa, sebagai bentuk pertanggungjawaban. 

Aku ingat sekali. Momen pertama kali mendongengku adalah saat hari ulang tahun ku saat itu, yang ke-26 tahun. Aku mendongeng di depan lebih dari 30 anak PAUD. HAHA. Ajaib yoo amatiran.. Baru juga belajar 3 hari udah sok-sokan nyebut diri pendongeng hari itu. HAHAHAE! Langsung rasanya mau nyaingin mentor kami, Kak Rona Mentari.EHEHE. Ampun, suhu! 

Momen mendongeng kali pertama, 1 Februari 2020


Kejadian mendongeng solo perdana itu lantas membuat adrenalinku, rasa penasaranku, dan terutama hasrat "senang tampil di depan umumku" semakin membuncah. Ajegile.. Langsung ketagihan setelahnya. 

Rasanya ingin terus belajar dan mendongeng. Eh tapi. Pas lagi tinggi-tinginya pandemi datang. Ingat banget aku! Maret 2020. Padahal kita semua lagi on fire, pengen belajar, pengen tampil, dan bahkan udah nyiapin rencana bikin event di Hari Anak! Kami pendam dulu deh sementara waktu. 

Namun, asaku belum padam! Pelbagai kegiatan virtual pun mencuat bagai soda gembira. Termasuk perdongengan ini. Tiap ada workshop ikut! Tiap ada kesempatan ngisi acara, angkat tangan mau! Tiap ada lowongan ngejob (guayamu!), tanpa ragu iyain!

Si Aquarian ini memang tidak bisa diam saja jika ada kesempatan. Kudu AYO! Hasilnya yaa tidak sia-sia, kisanak! Sepanjang 2020 kemarin aku berhasil menantang diriku ikut beberapa job dongeng, kelas dongeng, hingga produksi dongeng baik audio maupun video bahkan berhasil berkolaborasi dengan beberapa lembaga termasuk Kemendikbud. HURAAY! Bahkan pada akhir tahun 2020, bersama teman-teman komunitas, kami ikut mengisi NYE dari sebuah hotel di Kota Kupang. 

Berfoto bersama usai tampil di NYE 2021! Happy nu yeer! 


Aku juga bahkan dongeng solo lagi! Senang sekali. Di atas semuanya, karena pengalaman ini aku menjadi lebih mengenal dan menemukan diriku! Diriku yang aku baru tau (lagi) kalau aku suka berbicara di depan umum. Apalagi jika bisa memberi dampak bagi sekitarku! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAKSI BISU CERITA SAKTI SANG RAJA

Turis Lokal Minggir!

AIR TUJUH RASA DI DESA AEK SIPITU DAI